-->

Rakor KPU Sulut Pemutakhiran Data Pemilu Berkelanjutan Tahun 2022

Wednesday, October 05, 2022, 8:22:00 PM WIB Last Updated 2022-10-29T00:39:40Z



Newsblessing.com, SULUT - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulut (Sulut), gelar Rakor Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB) Tahun 2022, dihadiri sejumlah Stakeholder, Pimpinan Ormas, dan LSM Kepemiluan.


Dalam rangka Koordinasi Rekapitulasi Pemutahiran Data Pemilih Berkelanjutan, Akurat dan Akuntabelnya daftar pemilih akan berdampak penting pada kualitas dan tingkat partisipasi masyarakat pada pemilihan, bertempat di Hotel Luwansa Manado, Selasa (4/10/2022).


Rakor KPU Provinsi Sulut menghadirkan para narasumber yakni, Ketua Bawaslu Provinsi Sulut Ardiles Mewoh, Kadis Dukcapil & KB Daerah Sulut Linda Watania, Akademisi Universitas Manado Goinpeace. H. Tumbel, Haryanto mewakili SHAAD Research and Development.


Rakor KPU Sulut diawali Laporan Kegiatan oleh Kepala Bagian Perencanaan, Data dan Informasi Winda Tulangouw dilanjutkan dengan pembukaan langsung oleh Plt. Ketua Meydi Tinangon didampingi Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi Lanny Ointu.


Dalam sambutannya, Tinangon mengatakan bahwa dasar pelaksanaan kegiatan ini mengacu pada Undang- Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, yang mengamanatkan wewenang kepada KPU untuk melakukan pemeliharaan Data pemilih.


” Dan ini dilakukan KPU dimasa pasca pemilihan baik Pemilu dan Pilkada sampai pada proses tahapan selanjutnya.” tandas Tinangon.


Selanjutnya pada kesempatan yang sama, Lany Ointu mengenukskan bahwa salah satu elemen penting dalam tahapan Pemilu dan Pilkada adalah Daftar Pemilih. Sejauh ini dalam pelaksanaan Pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan secara integral selalu melibatkan pihak- pihak terkait dalam upaya updating daftar pemilih secara optimal.


” Tentunya Koordinasi terus dilakukan secara berkala untuk menghasilkan perkembangan terkait perubahan data penduduk sesuai dengan regulasi yang berlaku yang bertujuan untuk menyampaikan hasil PDPB Tahun 2022, dan menerima masukan dari stakeholder guna mempermudah proses pemuktahiran data, penyusunan daftar pemilih pada pemilu serentak tahun 2024, serta mewujudkan Data pemilih yang berkomprehemsif, akurat, dan mutakhir.” jelas Ointu.


Sementara itu nara sumber Kepala Dinas Dukcapil & KB Daerah Sulut, Lynda Watania, memaparkan materinya lebih mengedepankan pada Akurasi data Kependudukan Provinsi Sulut, DP4 untuk Pilkada, Pileg, dan Pilpres. Sedangkan Bawaslu lebih kepada pengawasan PDPB yang merupakan salah satu upaya melakukan pencegahan dan penindakan pelanggaran, penyelesaian sengketa untuk memastikan persiapan dan pelaksanaan tahapan pemilu serta pemilihan sesuai dengan ketentuan dan undang-undang yang berlaku.


” membaca angka, menghitung (Analisa Statistikal Pemilu 2024) oleh Haryanto lebih kepada Komposisi generasi;


Akademisi Goinpeace dalam pemaparan materinya mengangkat tema “Sukses dan Berhasilnya Akuntabilitas Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan perlu memenuhi tiga kriteria: 1. Political Accountability, 2. Administrasi Accountability dan Legal Accountability.


Usai mendengarkan paparan para Nara sumber, pengarah kegiatan rakor mengundang peserta untuk berpartisipasi dalam bentuk dialog tanya jawab/diskusi Panel.


Turut hadir, Komisioner KPU Provinsi Sulut Salman Saelangi, Yessy Momongan dan Plh. Sekretaris Meydi Malonda.  

(*/Olvie)


Komentar

Tampilkan

Terkini

ekonomi dan bisnis

+