-->

BP2MI Sulut Sosialisasikan Pencegahan TPPO di Malendeng

Thursday, July 13, 2023, 6:14:00 PM WIB Last Updated 2023-07-13T10:14:03Z



Newsblessing.com, SULUT - Balai BP2MI Sulawesi Utara didaulat sebagai pemateri pada kegiatan Sosialisasi Pencegahan Perdagangan Orang yang dilaksanakan oleh Tim Penggerak PKK Kelurahan Malendeng Kota Manado. 


Kepala Balai BP2MI Sulut, Hendra Makalalag, didampingi oleh Lurah Malendeng, Bpk Anwar S. Halidu, S.Pi, dan Ketua Tim Penggerak PKK Kelurahan Malendeng, Ibu. Nathaly Pantouw, SE, menyampaikan materi dihadapan jajaran Pemerintah Kelurahan, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat dan Tim Penggerak PKK, Tokoh Agama serta Tokoh Masyarakat  di Kelurahan Malendeng pada Rabu, 12 Juli 2023.


Dalam pemaparannya, Hendra menyampaikan terkait Penempatan PMI dan jaminan Pelindungan oleh negara bagi Pekerja Migran Indonesia yang bekerja di luar negeri secara prosedural.


“Bekerja di luar negeri adalah suatu jalan keluar bagi pengentasan pengangguran dan perbaikan ekonomi keluarga namun tentunya harus dilakukan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku agar pelindungan bagi Pekerja Migran Indonesia dan keluarganya terjamin oleh negara baik dari sisi pelindungan secara hukum, ekonomi maupun sosial” kata Hendra.


Pada kesempatan tersebut, Hendra juga menyampaikan pentingnya peran keluarga terhadap Calon Pekerja Migran Indonesia.


“Lingkungan keluarga sebagai tempat pendidikan awal sangat berperan dalam pencegahan TPPO khususnya penanaman pola pikir terhadap kaum muda agar tidak mempunyai pemikiran untuk mendapatkan pekerjaan dengan cara yang mudah namun berpenghasilan besar serta menanamkan pentingnya pendidikan bagi kelangsungan masa depan mereka. Dengan menanamkan mindset yang demikian maka kaum muda kita akan sulit termakan dengan bujuk rayu oknum yang tidak bertanggung jawab”, jelasnya.


Dalam Sosialiasi tersebut, Hendra juga membahas mengenai pentingnya peran masyarakat dalam memberikan informasi yang benar terkait bekerja di luar negeri.


“Peran serta masyarakat dari segala kalangan sangat dibutuhkan dalam penyampaian informasi yang benar terkait bekerja di luar negeri mengingat belakangan ini marak terjadi perdagangan orang bermodus kerja di luar negeri yang tentunya sangat merugikan masyarakat yang berminat bekerja di luar negeri serta membangun opini buruk terkait Pekerja Migran Indonesia di tengah masyarakat” ucap Hendra.


Setelah menyampaikan paparan, Hendra juga membuka sesi tanya jawab yang direspon dengan antusias oleh beberapa peserta dengan menanyakan persyaratan serta keabsahan perusahaan perekrut di Sulawesi Utara termasuk bagaimana mendapatkan informasi terkait tawaran bekerja ke luar negeri yang resmi atau tidak resmi.


Di penghujung acara, Hendra menyampaikan apresiasi kepada Tim Penggerak PKK Kelurahan Malendeng yang sudah menginisiasi kegiatan tersebut.


“Kami memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Tim Penggerak PKK serta jajaran pemerintah Kelurahan Malendeng yang sudah memberikan kesempatan kepada Balai BP2MI Sulawesi Utara untuk melakukan Sosialisasi sehingga informasi terkait Penempatan dan Pelindungan PMI dapat tersampaikan kepada masyarakat.” tutupnya.

(*/Olvie) 

Komentar

Tampilkan

Terkini

ekonomi dan bisnis

+