-->

Dirjen P2P Kemenkes RI Dukung Program Festival Bondo Pewarna Indonesia

Friday, September 01, 2023, 10:33:00 PM WIB Last Updated 2023-09-01T14:44:12Z



Newsblessing.com, JAKARTA - Dalam rangka persiapan penyelenggaraan festival Bondo dan Rapat Kerja Nasional Persatuan Wartawan Nasrani (Pewarna) Indonesia menyambangi kantor Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Jumat 1/9/2023 di Gedung Adyatma lt 5 Jakarta Selatan.


Kedatangan Pengurus Pusat Pewarna Indonesia disambut hangat oleh Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia, Dr dr Maxi Rein Rondonuwu, DHSM.,MARS.


Pada kesempatan itu, Direktur P2P Kemenkes RI menjelaskan tentang sejumlah tantangan yang dihadapi oleh Kemenkes saat ini, di antaranya dalam memfasilitasi keberadaan tenaga kesehatan guna memberikan pelayanan kepada masyarakat umum, juga memberikan pemaparan singkat terkait penerapan UU Nomor 17 Tahun 2023 tentang Kesehatan.


"Di mana melalui peraturan ini perijinan kembali di tangan pemerintah, bukan lagi di tangan organisasi masyarakat," kata dokter MaRon sapaan akrabnya.


MaRon menuturkan bahwa di bawah kepemimpinan menteri kesehatan Budi Gunadi Sadikin, dalam menempatkan pegawai didasarkan dengan profesionalisme dan kapasitas. 


"Di bawah kepemimpinan beliau, Kemeskes mampu menjalankan program yang mendarat pada kepentingan masyarakat dan tentu dunia kesehatan sendiri," jelasnya.


Lanjut terkait polusi udara di Jakarta, MaRon menjelaskan bahwa kondisi udara di DKI memang sangat mengkuatirkan. Karena akibat polusi udara ini akan berdampak pada kesehatan masyarakat terkait penyakit ispa. Namun kata MaRon, sesuai tupoksi yang dilakukan pihak P2P telah mempersiapkan cara penanganannya bagi masyarakat yang terdampak.


Sementara itu, Suzanna Kezia, MTh, mewakili Sekretaris Panitia kegiatan PP Pewarna Indonesia memaparkan sejumlah program yang sudah dilaksanakan dan program akan dilakukan oleh Pewarna Indonesia kedepannya.


Adapun kegiatan yang sudah dilaksanakan yakni Napak Tilas Rasul Jawa tahun 2021 lalu, dan juga rencana akan pelaksanaan Festival Bondo, Jepara, pada November mendatang.


Suzanna menambahkan, Festival Bondo direncanakan akan melibatkan masyarakat setempat dan dilaksanakan beragam kegiatan mulai dari camp jurnalistik, seminar Love Sex and Dating. seminar anak, juga karnaval budaya.


"Melalui kegiatan ini diharapkan dapat mendukung Desa Bondo sebagai tempat daerah tujuan wisata religi, sekaligus memelihara rasa persatuan dan toleransi yang ada di sana," ujar Suzanna.


Di tempat yang sama, Ketua Umum Pewarna Indonesia Yusuf Mujiono juga menjelaskan tentang kegiatan Festival Bondo yang merupakan suatu perwujudan dari misi Pewarna untuk melestarikan budaya lokal sekaligus memelihara eksistensi dari keberadaan semangat toleransi di Indonesia..


"Khususnya memelihara keberadaan Bondo sebagai Desa Kristen yang merupakan buah penginjilan dari Ki Ibrahim Tunggul Wulung pada abad ke-19," terang Mujiono.


Di sela - sela pertemuan tersebut, Mujiono menyerahkan karya Pewarna Indonesia, yakni Buku Napak Tilas Rasul Jawa, yang merupakan laporan perjalanan Pewarna Indonesia selama seminggu dalam menapaki jejak perjalanan penginjil pribumi di Tanah Jawa.


Usai mendengarkan pemaparan program dari Pengurus Pusat Pewarna Indonesia, Dirjen P2P Kemenkes RI mengapresiasi langkah, terobosan kegiatan yang akan dilakukan oleh Pewarna Indonesia kedepannya. 


"Saya berharap teman -teman di sini dapat menggelar kegiatan Bakti Sosial, karena bertepatan dengan Hari Kesehatan Nasional, 12 November nanti. Namun kami meminta agar Pewarna Indonesia juga melibatkan masyarakat lintas agama setempat," tutup MaRon mengakhiri uadiensi bersama Pewarna Indonesia. (*/ Olvie)

Komentar

Tampilkan

Terkini