-->

Pekan Mahasiswa Daerah Sulut Resmi Dibuka Wakil Gubernur di Auditorium Unsrat Manado

Tuesday, May 21, 2024, 11:07:00 PM WIB Last Updated 2024-06-06T15:09:07Z



Newsblessing.com, MANADO - Pekan Seni Mahasiswa Daerah (Peksimida) Sulawesi Utara (Sulut) tahun 2024 resmi dibuka di Auditorium Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, Selasa (21/5/2024).


Gubernur Sulawesi Utara yang diwakili oleh Wakil Gubernur Sulut, Steven O E Kandouw, secara resmi membuka kegiatan tersebut. Dalam sambutannya, Ia menegaskan bahwa seni merupakan cerminan dari kebudayaan masyarakat setempat.


“Kita harus membesarkan seni dan budaya daerah untuk meningkatkan peradaban,” katanya.


Pekan seni ini dihadiri oleh berbagai kalangan, di antaranya Rektor Unsrat, Prof Dr Ir Oktovian Berty Alexander Sompie MEng IPU ASEAN Eng, pejabat daerah, akademisi, serta mahasiswa dari berbagai universitas di Sulawesi Utara.


Di sisi lain, Badan Pembina Mahasiswa Sulawesi Utara yang diketuai oleh Prof Dr Ir Grevo Gerung MSc menyatakan bahwa para peserta Peksimida kali ini merupakan pemenang dari lomba-lomba seni yang telah diadakan di masing-masing universitas.


“Peksimida ini memiliki 15 tangkai lomba, di antaranya vokal grup, seriosa, baca puisi, tari, dan lain-lain,” jelas Grevo Gerung yang juga menjabat sebagai Wakil Rektor Bidang Akademik Unsrat Manado.


Sementara Ia menyampaikan pemenang dari Peksimida Sulut ini nantinya akan mewakili provinsi dalam Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas) yang dijadwalkan akan berlangsung pada bulan September di Jakarta.


“Jadi ada tiga tahap, dari tingkat Perguruan Tinggi, daerah, kemudian nasional. Para mahasiswa di Peksiminas akan membawa nama daerah Provinsi Sulawesi Utara,” jelas Gerung.


Peksimida tahun ini diharapkan dapat menjadi ajang untuk meningkatkan dan mengembangkan bakat seni para mahasiswa, sekaligus memperkuat kebudayaan dan peradaban daerah Sulawesi Utara.


Selanjutnya dengan semangat dan antusiasme yang tinggi, para peserta diharapkan dapat memberikan penampilan terbaik mereka dan mengharumkan nama Sulawesi Utara di tingkat Nasional. (*/Olvie)

Komentar

Tampilkan

Terkini

ekonomi dan bisnis

+