-->

Apel Siaga pengawasan Coklit Linu Ingatkan Ada perhatian Khusus Dari Bawaslu

June 25, 2024, 4:47:00 PM WIB Last Updated 2024-06-25T08:47:49Z


Newsblessing.com, SULUT - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) melaksanakan Apel Siaga Pengawasan pencocokan dan Penelitian Data pada Pemilihan Kepala Daerah tahun 2024 di Provinsi Sulawesi Utara diruang Command Center, Selasa (25/62024).

Anggota Bawaslu Sulut yang adalah Koordinator Divisi Parmas Bawaslu Sulut Steffen S Linu dalam Zoom Meting mengatakan, proses pengawasan terkait pencocokan data Pemilih (Coklik) yang sementara berlangsung dalam rangka Pilkada serentak 27 November 2024. Mendapatkan perhatian khusus dari Bawaslu.

Menurutnya perhatian khusus dilakukan apakah proses pencocokan data dilakukan sesuai ketentuan atau tidak.

“Pengawasan khusus untuk masyarakat diwilayah terluar yang terkendala akses menjadi prioritas dilakukan untuk memastikan jika pelaksanaan coklik benar dilaksanakan sesuai ketentuan,” tutur Linu.

Selain di laksanakan diwilayah pulau terluar, pengawasan juga dilakukan diwilayah perbatasan antar Provinsi, juga kelompok rentan terutama pemilih disabilitas karena butuh pendampingan, kelompok Aliran yang menolak coklik yang butuh edukasi, juga pemilih yang terkosentrasi di Lapas, Pondok Pesantren, Lokasi Tambang dan Masyarakat dilokasi relokasi akibat Bencana.

”Terkait teknis metode pengawasan coklik, dilakukan dengan koordinasi petugas pantarli,” kata Linu selain itu fokus pengawasan juga dilakukan kepada kelompok masyarakat yang statusnya berubah karena pensiun sebagai TNI/ Polri saat Pilkada 27 November 2024.” Sukses pengawasan tahapan Pilkada dapat dilakukan ketika seluruh pengawas Kelurahan dan Desa wajib melakukan koordinasi dengan pemerintah Desa dan Kelurahan karena yang memiliki data ada di desa dan kelurahan,” ungkap Linu. (*/Olvie)

Komentar

Tampilkan

Terkini

ekonomi dan bisnis

+