-->

Ratusan Mahasiswa IAIN Manado Antusias Ikut Sosialisasi KPU Goes to Campus

July 13, 2024, 2:30:00 PM WIB Last Updated 2024-07-13T23:53:03Z



Newsblessing.com, MANADO – KPU Sulut sukses menggelar kegiatan “KPU Goes to Campus” di Fakultas Syariah IAIN Manado, Jumat, 12 Juli 2024.


Acara ini bertujuan untuk melakukan sosialisasi tahapan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara tahun 2024 kepada mahasiswa dan civitas akademika IAIN Manado.


Dengan tema “Sosialisasi Tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara Tahun 2024”, kegiatan ini  dibuka langsung oleh Anggota KPU Sulut yang juga sekaligus Ketua Divisi Sosdiklih, Parmasa dan SDM Awaluddin Umbola yang memberikan pemahaman mengenai proses pemilihan, mulai dari pendataan dan registrasi pemilih, tahapan pencalonan, kampanye, hingga hari pemungutan suara dan penghitungan hasil.


“Gen Z dan milenial sekarang berada di angka mendekati 50% pemilih di Sulawesi Utara, artinya bahwa apa yang ada di hadapan saya, apa yang ada di dalam forum ini adalah fakta demokrasi Sulawesi Utara tahun 2024. Apa yang disebut dengan Indonesia Emas di tahun 2030, maka fakta itu ada di hadapan saya. Sehingga tepatlah bagi kami, KPU Sulut untuk dapat memastikan pemilih yang ada di IAIN Manado ini adalah betul-betul pemilih cerdas, pemilih yang kemudian mengedepankan integritas dan idealisme sebagai kalangan akademisi yang nantinya akan membangun Sulawesi Utara kedepan.” ujarnya.


Wakil Dekan 3 Usluhuddin Fakultas Adab dan Dakwah DR. Mardan Umar, M.Pd juga turut hadir dan memberikan sambutan pada kegiatan ini, beliau mengatakan harapannya agar kedepan kerjasama, sinergitas antara KPU dan IAIN Manado akan terus terjaga.


Selain itu, kegiatan ini juga menjadi forum interaktif karena menghadirkan beberapa narasumber yang berkompeten dibidangnya, selain Awaluddin Umbola sebagai narasumber dari KPU Provinsi Sulawesi Utara, ada juga Rosalina Bukido selaku Dekan Fakultas Syariah IAIN Manado, Abdul Muis Daeng Pawero selaku Plt. Kaprodi Manajemen Pendidikan Islam IAIN Manado, dan Steffen Stevanus Linu sebagai narasumber dari Bawaslu Sulut.


Acara “KPU Goes to Campus” di Fakultas Syariah IAIN Manado ini diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam mendekatkan KPU dengan masyarakat akademis guna menciptakan kesadaran kolektif akan pentingnya peran aktif dalam setiap tahapan proses demokrasi di Indonesia.


Kegiatan ini diakhiri dengan sesi foto bersama antara perwakilan KPU, pimpinan fakultas, dan mahasiswa sebagai momentum memperingati kebersamaan dalam mendukung proses demokrasi yang transparan dan berkualitas di Sulawesi Utara. (*/Olvie)


 


Komentar

Tampilkan

Terkini

ekonomi dan bisnis

+