-->

Sekjen Onibala Tekankan Pentingnya Kehadiran Pengurus Pusat Dalam Pelaksanaan Rakerda

Friday, July 12, 2024, 10:38:00 PM WIB Last Updated 2024-07-12T14:40:36Z


Newsblessing.com, SULUT - Pengurus Daerah Persatuan Wartawan Nasrani (Pewarna) Indonesia Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Gelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Ke V Tahun 2024 Jumat (12/7/2024) di ruang serbaguna Kantor DPRD Sulut.



Sekretaris Jenderal (Sekjen) Pewarna Indonesia, Ronald Stevly Onibala, menekankan pentingnya kehadiran perwakilan pengurus pusat dalam setiap pelaksanaan Rakerda Pewarna Indonesia.


Dalam sambutannya melalui platform Zoom Meeting, Sekjen Pewarna Indonesia menyampaikan bahwa kehadiran perwakilan pengurus pusat bukan hanya sekedar formalitas, melainkan merupakan amanat yang tertuang dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Pewarna Indonesia.


“Dalam AD/ART Pewarna Indonesia, telah diatur bahwa setiap pelaksanaan Rakerda harus dihadiri oleh perwakilan pengurus pusat. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa setiap program kerja yang direncanakan di daerah sejalan dengan visi dan misi nasional organisasi,” ujar Onibala.


Sekjen juga menambahkan bahwa kehadiran pengurus pusat dalam Rakerda diharapkan dapat memberikan arahan strategis dan mendukung koordinasi yang lebih efektif antara pusat dan daerah. Selain itu, yang tak kalah pentingnya, Sekjen menyampaikan dua agenda besar Pewarna Indonesia tahun 2024 yaitu, Apresiasi Pewarna Indonesia (API) dan Rakernas.


“Ada dua agenda besar Pewarna Indonesia tahun ini, yaitu menggelar Apresiasi Pewarna Indonesia dan Rakernas yang akan digelar di Surabaya Lumajang 15 – 16 November 2024. Terkait Rakernas, maka setiap pengurus daerah wajib melaksanakan Rakerda sebelum mengikuti Rakernas tersebut,” tambahnya.


Sementara itu, menyoroti tema Rakerda, Sekjen menyampaikan bahwa peran wartawan sangat vital dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat. Menurutnya, di era digital dan globalisasi dengan tantangan yang dihadapi semakin kompleks, profesionalisme dan integritas pewarta nasrani semakin diuji.


“Berita palsu, informasi yang menyesatkan, dan tekanan dari berbagai pihak seringkali menguji integritas dan profesionalisme kita sebagai pewarta. Oleh karena itu, tema “Mengabarkan Berita Kebenaran” merupakan panggilan bagi kita semua untuk terus menjaga komitmen terhadap kebenaran dan keadilan dalam setiap berita yang kita sampaikan,” tutur Onibala.


“Saya berharap melalui Rakerda ini, kita dapat berdiskusi dan merumuskan strategi-strategi yang efektif untuk memperkuat peran kita sebagai wartawan yang berpegang teguh pada nilai-nilai kebenaran. Selain itu, mari kita manfaatkan kesempatan ini untuk mempererat tali persaudaraan, saling berbagi pengalaman, dan memperkuat solidaritas di antara kita,” tutur Onibala lagi.


Sementara itu,Ketua PD Pewarna Sulut Sanfransisco Manossoh di dampingi Sekretaris Midle Onibala dan Bendahara Olfiane Kapojos menyebutkan tujuan dari Rakerda ini adalah untuk membahas program kerja tahun 2025. Selain itu, juga memberikan masukan dan usul dari daerah pada saat Rakernas di Jawa Timur mendatang.


“Jadi hari ini Pewarna Sulut akan membahas program kerja tahun 2025 dan juga akan menampung usulan dan kepada pengurus pusat pada saat acara Rakernas nanti” ucap Manossoh.


Dihadiri  Sekretaris DPRD Sulut W Niklas Silangen dan kasubag Jusman Etjarau serta anggota Pewarna Sulawesi Utara. (Olvie)

Komentar

Tampilkan

Terkini