-->

Ardiles Mewoh Buka Kegiatan Apel Siaga Pengawasan Kampanye Pilgub 2024

Wednesday, September 25, 2024, 9:43:00 PM WIB Last Updated 2024-09-25T13:43:24Z


Newsblessing.comSULUT - Apel Siaga Pengawasan Kampanye Pada Pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Utara, Rabu (25/9/2024) di Halaman Kantor Bawaslu Sulut.


Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Gelar Apel siaga dibuka langsung Ketua Bawaslu Sulut, Ardiles Mewoh didampingi Komisioner,  Erwin Franklin Sumampouw. SP., MAP dan Zulkifli Densi, S.Pd., MH dan Kepala Sekretariat Bawaslu Sulut, Aldrin Christian dan jajaran. 


Kegiatan Apel Siaga dilaksanakan penyematan tanda pengawasan kepada Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) secara simbolis.


Dalam sambutan Ketua Bawaslu Sulut, Ardiles Mewoh mengatakan hari ini kita melaksanakan kegiatan apel siaga pengawasan kampanye dalam rangka Pemilihan Kepala Daerah di Provinsi Sulawesi Utara.


“Tahapan Kampanye Pilkada dimulai hari ini 25 September 2024 dan akan berakhir 23 November 2024,” ujar Mewoh


Ditambahkannya, sebagaimana kita ketahui kampanye ini adalah sarana bagi seluruh kontestan, seluruh peserta pemilihan untuk beradu program visi misi jika terpilih sebagai kepala daerah. Kampanye juga adalah tempat di mana masyarakat memilih mendengar merenung dan memilih pilihan kepala daerahnya melalui keyakinannya terhadap visi misi dan program Paslon yang disampaikan.


“Tentunya baik paslon, peserta pemilihan, masyarakat, dan seluruh unsur pemangku kepentingan penyelenggara Pemilu, masyarakat sipil dan seluruh masyarakat Sulawesi Utara kita harus bersama-sama berkomitmen mewujudkan pemilihan yang jujur adil, mewujudkan pemilihan yang bermartabat dan berbudaya tanpa ujaran kebencian, tanpa hoax dan tanpa politik identitas,” kata Mewoh


Mewoh juga mengungkapkan, Bawaslu diberikan mandat oleh Undang-undang untuk melakukan pengawasan terhadap seluruh tahapan.


“Kali ini kita melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan kampanye pemilihan kepala daerah, kita akan lakukan sekuat-kuatnya upaya-upaya pencegahan terjadinya pelanggaran kampanye melalui himbauan-himbauan dan saran-saran rekomendasi dan kita akan tindak sebenar-benarnya pelanggaran-pelanggaran yang terjadi,” ungkapnya


Mewoh juga memastikan kesiapsiagaan seluruh jajaran pengawas baik di tingkat Kabupaten/Kota, di tingkat kecamatan, di tingkat Kelurahan dan Desa untuk melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan kampanye.


“Kesiapsiagaan ini tentu harus kita jadikan sebagai upaya untuk menghadapi segala kemungkinan yang terjadi dalam proses pelaksanaan kampanye. Untuk memastikan bahwa seluruh pelaksanaan kampanye ini berjalan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang ada Bawaslu hadir untuk bisa memastikan ini terlaksana dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota di 15 Kabupaten/Kota di Sulawesi Utara,” pungkasnya


Yang terakhir saya juga menghimbau mengajak kepada seluruh jajaran pengawas pemilu kepada seluruh pemangku kepentingan, seluruh Pasangan calon peserta pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota untuk terus menjaga toleransi dan kerukunan yang sudah terbangun di Sulawesi Utara.


“Mari kita jaga terus kerukunan meskipun kita memiliki pilihan yang berbeda. Pilkada bukanlah ajang untuk menciptakan perpecahan tetapi adalah wadah untuk menyalurkan aspirasi dengan cara yang baik dan santun. Setiap proses Pilkada tujuannya adalah dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan,” tutup Mewoh. 


Turut Hadir dalam kegiatan apel siaga pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut tahun 2024, Kapolda Sulut, Kodam, Kejati Sulut, KPU Sulut, KPID, Pasangan Calon Gubernur Steven Kandouw dan Denny Tuejeh, Serta Perwakilan dari Paslon Lainnya,  Panwascam dan Panwas kelurahan/Desa se Sulut. (Olvie)

Komentar

Tampilkan

Terkini

ekonomi dan bisnis

+