-->

Bupati Minut Joune Ganda Terima Predikat Sangat Inovatif Dari BSKDN

Tuesday, September 17, 2024, 8:58:00 PM WIB Last Updated 2024-09-17T12:58:10Z


Newsblessing.com, MINUT – Kabupaten Minahasa Utara di era kepemimpinan Bupati Joune Ganda, pembangunannya makin maju dan masyarakat di dalamnya kian sejahterah.


Hal itu juga ditandai lewat penilaian dari Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN), yang memberi predikat “Sangat Inovatif”.




Kemajuan itu berdasarkan Melonjaknya Indeks Inovasi Daerah (IID) Minahasa Utara dari 29,60 pada tahun 2023 menjadi 61,13 pada Agustus 2024. Lonjakan signifikan ini menempatkan Minahasa Utara dalam kategori “Sangat Inovatif” dengan skor 60,01 – 100,00.


Prestasi ini diumumkan langsung oleh Kepala BSKDN, Dr. Yusharto Huntoyungo, di sela penandatanganan pernyataan komitmen bersama penerapan Aplikasi Sistem Informasi Pusat Jejaring Inovasi Daerah (PUJA INDAH) di Jakarta, Pada Kamis, (12/9/2024)


“Pencapaian ini menunjukkan komitmen kuat Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara di bawah kepemimpinan Bupati Joune J.E. Ganda dan Wakil Bupati Kevin W. Lotulung dalam mendorong inovasi di berbagai sektor,” ujar Dr. Yusharto.


Indeks inovasi Daerah (IID) sendiri merupakan alat ukur tingkat inovasi daerah yang mengacu pada 18 indikator utama, meliputi:


1. Regulasi Inovasi Daerah

2. Ketersediaan SDM terhadap Inovasi Daerah

3. Dukungan Anggaran

4. Penggunaan IT

5. Bimtek Inovasi

6. Integrasi Program dan Kegiatan Inovasi dalam RKPD

7. Jejaring Inovasi

8. Replikasi

9. Pedoman Teknis

10. Pelaksanaan Inovasi

11. Kemudahan Informasi Layanan

12. Penyelesaian Layanan Pengaduan

13. Keterlibatan Aktor Inovasi

14. Kemudahan Proses Inovasi

15. Sistem Online

16. Kemanfaatan Inovasi

17. Kualitas Inovasi

18. Monitoring dan Evaluasi


Keberhasilan Minahasa Utara dalam meningkatkan IID menunjukkan bahwa daerah ini telah melakukan berbagai upaya strategis dalam mendorong inovasi, seperti meningkatkan kualitas SDM, memperkuat infrastruktur teknologi informasi, dan membangun kolaborasi dengan berbagai pihak.


Peningkatan ini diharapkan dapat membawa dampak positif bagi masyarakat Minahasa Utara, seperti peningkatan kualitas hidup, pertumbuhan ekonomi, dan tata kelola pemerintahan yang lebih baik.


Berikut beberapa poin penting yang dapat disoroti:


– Lonjakan signifikan IID Minahasa Utara menunjukkan transformasi yang luar biasa dalam mendorong inovasi.


– Keberhasilan ini merupakan hasil dari komitmen kuat Bupati Joune J.E. Ganda dan Wakil Bupati Kevin W. Lotulung (JG-KWL), OPD dan berbagai pihak terkait.



– Peningkatan IID diharapkan dapat membawa dampak positif bagi masyarakat Minahasa Utara.


Semoga dapat menginspirasi daerah lain untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Komentar

Tampilkan

Terkini

ekonomi dan bisnis

+