-->

Ribuan Mahasiswa Mengadiri KPU Goes To Campus Di Unsrat Manado

Saturday, September 14, 2024, 6:34:00 PM WIB Last Updated 2024-09-14T10:35:21Z


Newsblessing.com, SULUT — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Sukses Menggelar KPU Goes to Campus di Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, Kamis (12/09/24). 


Kegiatan yang dihadiri oleh ribuan mahasiswa ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi generasi muda dalam pemilu dan memberikan pemahaman lebih mendalam mengenai proses demokrasi di Indonesia.


Diawal kegiatan dibuka dengan penyuluhan tentang Pilkada ramah lingkungan oleh tim dari Baciraro dan Tonsea Recycle Center, dimana kedua komunitas ini adalah komunitas yang bekerjasama dengan KPU Sulut dalam memaksimalkan pengelolaan sampah atau limbah yang dihasilkan dari setiap kegiatan yang berlangsung saat tahapan pilkada.


Kegiatan yang mengusung bertema "The strategic role of student in regional election" ini dihadiri oleh Rektor Unsrat Berty Sompie, Dekan Fisip Ferry Daud Liando, Dekan Hukum Emma Senewe, Ketua BEM Jonathan Sompie, Ketua umum PP AIPI Dr. Alfitra Salam, Pegiat Pemilu Jeiry Sumampouw, Jojo Rohi, Kepala Biro SCTV Sulut Tiara Piri,dan Influencer Febrianto Arifin.


Dipimpin Ketua BEM Unsrat Manado para mahasiswa yang hadir mendeklariskan komitmen mereka dalam mendukung Pilkada Sulut 2024 yang ramah lingkungan dan berintegritas.


"Kami Civitas Akademika Universitas Samratulangi, menyatakan dukungan penuh untuk pelaksanaan pemilihan Kepala Daerah Provinsi Sulawesi Utara tahun 2024 yang ramah Lingkungan dan berintegritas”, ucap Ketua BEM dan diikuti oleh seluruh Mahasiswa yang hadir.


Rektor Unsrat Berty Sompie mengatakan dengan adanya kegiatan KPU goes to campus ini diharapkan mahasiswa dapat benar benar memahami tugas KPU dalam penyelenggaraan Pemilihan Umum.


“Diharapkan juga buat mahasiswa agar bisa mendukung penuh program Pilkada ramah lingkungan yang di lakukan oleh KPU dengan tidak membuang sampah sembarangan contohnya dalam kegiatan ini,” Ujarnya.


Ketua KPU Sulut Kenly Poluan  dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas diinisiasinya Deklarasi Mendukung Pilkada ramah lingkungan ini. 


"Terima kasih atas dukungan dari Pak rektor, dan semua jajaran Universitas Samratulangi beserta seluruh Mahasiswa, kiranya forum ini akan membuat Pilkada Sulawesi Utara itu dilaksanakan secara baik, secara Rasional, dan menegaskan bahwa Daerah kita betul-betul punya sejarah panjang terhadap Demokrasi Indonesia dan punya sejarah pada Kontribusi Kita terhadap dalam pembangunan Demokrasi di Indonesia" kata Poluan.


Kegiatan ini juga diisi dengan sesi diskusi interaktif, di mana mahasiswa dapat bertanya langsung kepada para narasumber yang hadir mengenai proses pilkada, mulai dari pendaftaran pemilih, tahapan kampanye, hingga hari pemungutan suara.


Kegiatan “KPU Goes to Campus” di Universitas Sam Ratulangi ini merupakan bagian dari rangkaian acara yang diselenggarakan KPU di berbagai kampus menjelang Pemilu 2024. KPU Sulut berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran dan partisipasi politik di kalangan generasi muda.

(*/Olvie)

Komentar

Tampilkan

Terkini

ekonomi dan bisnis

+